Posts Subscribe comment Comments

Profil Rumah Yatim Ar-Rifqi

 
LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air kita hari ini, telah mengalami kemajuan yang signifikan dan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kehidupan masyarakat secara luas. Asfek positif yang dirasakan semakin meningkatnya jumlah masyarakat Indonesia yang berpendidikan dan berpengetahuan, baik pengetahuan agama maupun pengetahuan umum, dari mulai tingkat dasar, menengah sampai pendidikan tinggi sehingga memberikan citra terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Selain itu, masyarakat saat ini telah memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya pendidikan, sehingga tuntutan terhadap tersedia sarana dan pra sarana semakin besar.

Pendidikan juga dewasa ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dalam memberikan kecerdasan pada anak-anak mereka, sebagai bekal dalam perjalanan hidup mereka dimasa yang akan datang.

Ketersediaan sarana dan pra sarana pendidikan saat ini menjadi semakin mutlak, dengan harapan mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai langkah untuk pengembangan sumber daya manusia handal sebagai bekal untuk mengantisifasi pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan era globalisasi. Sehingga masyarakat akan semakin kuat memegang teguh peradaban Islam Rahmatan Lil Alamin.
Kepedulian sosial merupakan salah satu pondasi utama yang menopang tegaknya proses pendidikan di atas. Tanpa adanya pondasi ini, pendidikan akan kehilangan ruh dan kemudian runtuh menjadi puing-puing yang tak berarti.

Salah satu bentuk kepedulian sosial adalah dengan memberi santunan terhadap anak-anak yatim dan kaum dhu’afa, dalam arti, mengasuh, mendidik, serta mensejahterakan mereka agar kehidupan mereka tidak terlantar. Enggan menyantuni mereka sama artinya dengan menerlantarkan mereka.Dalam Al-Qur’an Allah men-cap orang yang seperti itu sebagai “pendusta agama”.
Atas dasar pemikiran diatas kami merasa terpanggil untuk memberikan santunan terhadap mereka dalam sebuah wadah yang berbentuk Rumah Yatim Ar-Rifqi yang berdiri sejak tahun 2007.

B. LANDASAN
    Semangat yang melandasi kami adalah firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Ma’un ayat 1-3:
    Tahukah kamu, siapakah orang yang mendustakan agama? Yaitu orang yang menghardik adak-anak yatim, dan tidak memberi makan orang-orang miskin.
    Serta sbda Rasulullah Saw:
    Barangsiapa yang memuliakan anak-anak yatim, niscaya kelak dia berdekatan bersamaku di Surga seperti jari tengah dan telunjuk.

 VISI
•    Menjadi Yayasan Pengelola Panti Asuhan Anak Yatim Piatu dan Dhu’afa yang amanah dan propesional.

 MISI
•    Mengelola,mendidik, melindungi, dan mengarahkan anak asuh (yatim-piatu, dhu’afa, dan fakir miskin) menjadi muslim yang hakiki.
•    Menyantuni dan membina ank-anak yatim dan dhu’afa.
•    Menjadi fasilitator maliyah yang amanah dan melyani layanan amal shaleh yang professional.
•    Menjadi “jembatan umat”yang professional dalam memberikan pelayanan dan pembinaan terhadap anak-anak yatim piatu dan dhu’afa.

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...